Pembekalan E-Learning Bagi Mahassiwa Pascasarjana Biologi UM Bengkulu

LPMPP – Program Studi Pascasarjana Biologi UM Bengkulu menggelar kegiatan Matrikulasi Mahasiswa baru (29/04) dihadiri oleh Ketua Prodi Pascasarjana Biologi Dr. Tomi Hidayat, M.Pd dan Rio Saputra, M.Pd. selaku pembicara dan Kabid Pengembangan Pendidikan Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) UM Bengkulu. Acara ini dilaksanakan di Ruang Seminar Pascasarjana Biologi Gedung Ahmad Dahlan Kampus IV UM Bengkulu.

Dalam sambutannya, Tomi mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa akan dua hal. Pertama, Penguatan kemampuan bahasa inggris. Kedua, penguatan e-learning. Kedua bekal ini sebagai syarat sebelum ujian tesis. Selain itu, menambah wawasan mahasiswa terkait perkembangan digital hari ini.

Rio mengawali kegiatan dengan mengajak mahasiswa mengikuti games terkait materi yang akan dibahas menggunakan gawai masing-masing. Tampak sekali antusias mahasiswa mengikuti games yang dibalut dengan kompetisi antar mahasiswa.

Dalam pemaparannya, Rio membahas tentang Belajar Secara Digital, tren perubahan belajar di era sekarang. Pembahasna dimulai dari apa hakikat pendidikan, tujuan pendidikan, perbedaan belajar tradisional dan belajar gaya baru, bagaimana proses belajar terjadi dari masa ke masa, pembelajaran berbasis ICT, Evolusi Teknologi Pendidikan, Pedagogi dalam dunia digital, Pergeseran paradigma dalam otomoni belajar, dan Pedagogi Gaya Baru. Termasuk membahas LMS yang dimiliki UM Bengkulu Yaitu Kelas Kito.

“Kegiatan ini sangat menarik sekali. Ternyata belajar secara digital tidak sesulit yang dibayangkan, apalagi dibawakan dengan sangat santai, ceria, dan menyenangkan” Tutur salah satu peserta Matrikulasi usai acara. (RSP)