Penguatan Komitmen Pimpinan Berbasis SPMI dan SPME Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Bengkulu – Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UM Bengkulu)menyelanggarakan kegiatan persamaan persepsi bersama pimpinan dengan tema “Penguatan Komitmen Pimpinan Berbasis SPMI dan SPME UM Bengkulu”di Aula Hasan Din (HD) Kampus IV, Rabu (28/03/21). Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pimpinan mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Lembaga, Biro, dan Ketua Program Studi di lingkungan UM Bengkulu.

Dr. Rifa’i, M.Pd yang merupakan Wakil Rektor UM Bengkulu memberikan arahan tentang SPMI dan SPME, ia menjelaskan bahwa untuk mecapai mutu yang telah ditetapkan maka SPMI dan SPME merupakan sesuatu yang wajib kita laksanakan sehingga untuk menciptakan budaya mutu kita harus menerapkan semboyan nasional Penjaminan Mutu yaitu dipaksa, terpaksa, biasa hingga akhirnya terbiasa.

Pemaparan materi selanjutnya dari Kepala LPMPP, Neli Definiati, M.P tentang peranan LPMPP.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjaga marwah institusi dimana institusi kita pada saat ini sudah dikenal baik diluar sana namun kita harus selalu intropeksi agar dapat menuntaskan ketertinggalan dan berdaptasi dengan pembaharuan demi maju nya institusi. Maka dari itu LPMPP berperan memotret dan mengawal kebermutuan di lingkungan UM Bengkulu namun hal tersebut tidak dapat berjalan dengan maksimal apabila belum adanya komitmen dari para pimpinan”, ujarnya.

Pemaparan selanjutnya tentang SPMI yang dijelaskan oleh Gunawan, M.Kom selaku kabid AMI LPMPP, ia menuturkan bahwa kita memiliki satu standar yaitu standar AIK yang dapat dijadikan ciri khas institusi.

Terakhir, pemaparan tentang Permendikbud No 5 Tahun 2020, keunggulan penyusunan ISK dan informasi terbaru terkait akreditasi yang dijelaskan oleh Rio Saputra, M.Pd selaku Kabid Pengembangan Pendidikan dan Audit Mutu Eksternal LPMPP.

“Jika dianalogikan pada kurva, mungkin ada beberapa standar posisi kita pada saat ini masih di bawah target namun jika kita bersama-sama komitmen maka bukan tidak mungkin kita dapat mencapai target yang kita inginkan lalu melampaui target yang telah ditetapkan”. Ujar Rio.(Nia)