Sosialisasi IAPT 3.0 dan IAPS 4.0

UMB Gelar Sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0
Tuntutan yang semakin tinggi demi menghasilkan lulusan yang profesional dan peningkatan akreditasi program studi, UMB mengelar Sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 di ruang rapat Rektor kampus 1 selasa (2/7). Kegiatan ini dihadiri Rektor, WR-1, Ketua LPMPP, Dekan, ketua BAAK dan Kaprodi dilingkungan UMB.
Rektor dalam sambutannya menyebut “Tugas kaprodi ke depan tidak lagi dibebankan pada tugas administrasi, kaprodi harus mendesain program serius serta mempersiapkan berbagai kegiatan untuk memenuhi berbagai instrumen akreditasi prodi”, jelas Rektor saat membuka kegiatan. UMB terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan kualitas akademik dan pelayanan kepada mahasiswa, sehingga tercapai lulusan profesional dan berdaya saing tinggi, lanjut rektor.
Sementara itu Wakil Rektor I, Dr. Rifa’i menjelaskan, “sekarang ini hasil IAPS 4.0 akan dinyatakan dalam bentuk status akreditasi dan peringkat akreditasi”. Status akreditasi terang Rifa’i terdiri dari baik, baik sekali dan unggul. Lebih jauh Rifa’i menjelaskan kurikulum dan pembelajaran dalam IAPS 4,0 hendaknya ada praktikum tidak kurang dari 30% dari total pembelajaran, sehingga ada keseimbangan teori dan praktek, tegas Rifa’i.
Dibagian lain Ketua LPMPP-UMB, Neli Definiati, MP berharap semua peserta dapat menjadikan buku standar operasional prosedur (SOP) dan Pedoman Sistem Penjaminan Mutu (SPMI) agar dipelajari dan dijadikan rujukan dalam meningkatkan mutu UMB. “Target kita kedepan akan memenuhi sembilan kriteria akreditasi program studi demi menghasilkan lulusan UMB yang makin berdaya saing tinggi”, harap Neli.***